Tips Mudik Pake Motor

Tips Mudik Pake Motor

Tips Mudik Pake Motor

Indonesia memang memiliki tradisi yang sangat unik yaitu mudik. Mudik pasti menjadi agenda yang rutin bagi anda yang memiliki kampung halaman. Berbagai macam masyarakat mudik dengan menggunakan berbagai macam kendaraan pula. Salah satunya adalah sepeda motor. Menurut laporan, setiap tahunnya para pemudik yang menggunakan sepeda motor sangat mendominasi perjalanan mudik. hal ini terjadi karena kendaraan bermotor roda dua merupakan kendaraan yang terjangkau dan hampir dimiliki oleh semua keluarga, sehingga prosentase penggunaannya saat mudik pun menjadi besar.

Tips Mudik Dengan Berkendaraan Roda Dua Atau Motor

Saat anda memilih kendaraan roda dua ini untuk digunakan sebagai kendaraan menuju kampung halaman, pasti kenyamanan dan keamanan saat berada diperjalanan menjadi suatu hal yang sangat penting. Namun saat anda mudik dengan sepeda motor, sebenarnya hanya ada dua hal yang perlu anda perhatikan yaitu kesehatan dari kendaraan anda dan juga kesehatan fisik bagi pengendaranya. Berikut ada beberapa Tips Mudik Dengan Berkendaraan Roda Dua Atau Motor yang mungkin bisa membantu anda dalam perjalanan mudik :

Siapkan Mental Pengendara

Saat anda memilih menggunakan sepeda motor untuk mudik, berarti anda harus siap menghadapi kemacetan jalan saat mudik lebaran. Buatlah perjalanan anda terasa santai, jangan dibawa was – was, khawatir ataupun beban – beban yang ada pada diri anda. Hal ini akan membuat perjalanan anda lebih menyenangkan.

Cari Informasi Sebanyak – Banyaknya

Carilah informasi tentang perjalanan mudik anda. Hal ini meliputi seperti rute perjalanan anda, jalur alternatif, hingga tempat ibadah dan rumah makan yang dapat anda singgahi saat berada pada perjalanan mudik.

Kuatkan Fisik Anda

Sebelum anda melakukan perjalanan mudik. Istirahatlah yang cukup agar anda memiliki stamina yang cukup saat akan berangkat. Hal ini dapat menghindari anda dari gejala mengantuk saat berkendara sehingga terhindar dari kecelakaan. Bila mengantuk, segeralah menepi dan istirahat sejenak.

Pakai Jaket Motor Respiro
Dalam Berkendaraa dengan Rute jarak jauh Jaket Respiro sangat penting sebagai jaket motor anti angin

Persiapkan Kondisi Kendaraan Anda

Ajaklah motor anda untuk mendapatkan service agar kondisi kendaraan anda saat perjalanan mudik menjadi optimal. Mintalah pada mekanik bengkel kepercayaan anda untuk mengecek semua yang ada pada motor anda. Mulai dari mesin, rem, oli, hingga ban motor anda. Hal ini akan menghindarkan anda dari kejadian – kejadian yang tidak diinginkan pada saat perjalanan mudik seperti mogok.

Namun perlu diperhatikan, jangan membawa motor anda ke bengkel pada waktu yang mepet dengan keberangkatan anda karena anda juga tidak mengetahui kerusakan pada kendaraan anda dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya.

Share this post