Tips Cara Merawat Motor Matic Agar Selalu Awet

Tips Cara Merawat Motor Matic Agar Selalu Awet

Tips Cara  Merawat Motor Matic Agar Selalu Awet – Hallo Mas & Bros Sist,  buat anda  yang aktivitasnya bekerja dan sering berpergiandengan menggunakan sepeda motor tentu,  sepeda motor adalah pilihan paling mudah dan gampang untuk  dijadikan alat transportasi.

Dengan berkendara motor, kita bisa menembus jalan alternatif atau jalan tikus agar tidak terjebak kemacetan atau bosanl menunggu  angkot  yang ngetem atau bis  yang  belum datang.

Saat ini sudah ada  motor matic yang  lebih mudah dari motor bebekdikendarainnya, lebih ringan dibawa  dan modelnya yang lebih menarik.

Bukan hanya bisa memakainya, kita pun harus  bisa merawatnya agar motor matic kesayangan kita tetap  bekerja dengan optimal dan tidak mudah rusak.  Sebenarnya,  antara motor matic dengan motor bebek ini tidak jauh berbeda. Namun pada  motormatic tidak terdapat rantai seperti pada motor biasa. Sebagai gantinya, pada motor matic terdapat van belt.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merawat motor matic seperti  yang dilansir  oleh wartaotomotif.

Memanaskan Motor

Panaskan dulu mesin motor  anda selama  berangkat. Cukup dipanaskan saja dalam keadaan diam, tidak usah  digas.  Dengan memanaskan dulu motor sebelum dipakai akan membuat  oli bisa lebih optimal melumasi onderdil  motor sehingga tidak cepat aus atau rusak.

Lakukan Servis Rutin Secara Berkala

Cek motor anda secara teratur  ke bengkel langganan anda. Setidaknya  setiap motor sudah menempuh perjalanan sejauh  2.000 km atau setelah  pemakaian berselang 2-3 bulan dari servis sebelumnya. Jangan  lupa  untuk meminta  mekanik/motir  bengkel utukk sekalian  mengganti oli mesin. Dengan mengganti  oli mesin, selain  mendapatkan kondisi oli yang bersih juga  kinerja motor jadi lebih prima karena kondisi  oli yang kental.

Jaga Kecepatan Kendaraan ketika Melaju

Tancap gas motor  karena diburu waktu? Enggak apa-apa sih, tapi ladies, perhatikan juga saat kita mengatur  kecepatan  motor amtic.  Lakukanlah  secara perlahan, jangan sekaligus karena bisa membuat  cadangan bensin di motor  jadi cepat habis dan bisa merusak onderdil motor lainnya.

Jaga selalu Isi Volume Tangki Bahan Bakar

Jangan tunggu  bahan bakar di tangki benar-benar  habis sebelum diisi. Setidaknya  usahakan agar  isi BBM anda tidak kurang dari setengahnya kapasitas  tangki.

Rajin MenGanti Sparepart

Waktunya ganti onderdil alias sparepart? Usahakan pilih yang original. Memang lebih mahal dibanding yang imitasi, tapi  dengan mengganti sparepart  lama dengan yang asli akan menjaga performa motor tetap  optimal dan tidak merusak kondisi  motor secara keseluruhan. Anda tentu tidak mau kalau motor anda mengalami turun mesin, bukan? Ongkosnya makin mahal untuk memperbaikinya, lho.

Selain disukai oleh wanita, tidak sedikit  juga pria yang  menggunakan  motor ini karena keluwesan dan kelincahannya saat digunakan di jalan.  Rawat baik-baik  motor  matic kesayangan anda. Cuci secara teratur agar  lumpur atau kotoran di jalan yang  terjebak dalam  sela-sela  bagian bawah motor tidak merusak kondisi mesin.

Share this post