Cara Teknik Bersepeda di Tanjakan

Cara Teknik Bersepeda di Tanjakan

Teknik Bersepeda di Tanjakan. Ini sangat penting diketahui terutama untuk pesepeda tingkat pemula. Karena jika kita bersepeda di tanjakan tidak menggunakan teknik yang benar maka kemungkinan akan cepat lelah dan berhenti di pertengahan tanjakan dan itu yang tidak kita harapkan. Bahkan cenderung dapat cedera otot.

Berikut beberapa Teknik Bersepeda di Tanjakan yang nadhifa herba ketahui.

1. Ketika kita melihat tanjakan, kuncinya jangan ”emosi”, tanamkan rasa optimis pada diri bahwa kita dapat melaluinya. Hadapi dengan santai tapi pasti, terkadang karena kepingin cepat melalui tanjakan tersebut, kita kayuh sepeda dari jauh sebelum tiba tanjakan, padahal itu sangat menguras tenaga kita apalagi pemula. Yaa,, kecuali sudah berpengalaman dan mempunyai stamina yang kuat sih ga apa-apa. Biasa saja kita perlakukan tanjakan seperti bagaimana kita berada di jalan datar, cuma teknik shiftingnya yang harus diperhatikan.

2. Ketika tiba di tanjakan, atur gigi sepeda sahabat nadhifa herba pada gigi yang ringan, tapi tidak langsung menggunakan gigi yang paling ringan, ini dilakukan dengan proses bertahap, sesuaikan dengan kemampuan sahabat nadhifa herba dan medan tanjakan yang dihadapi. Ketika lagi mengayuh di tanjakan misalnya kita sudah tidak kuat lagi pada posisi gigi 5, maka kita tingkatkan lagi pada gigi 6, begitu juga jika kita sudah tidak kuat lagi dengan 6, maka kita tingkatkan lagi ke gigi 7, begitu seterusnya.

3. Condongkan badan ke depan dengan posisi duduk usahakan di sadel paling depan. Ini bertujuan agar ban depan sepeda kita tidak mengangkat ke atas dan mengakibatkan jatuh.

4. Kayuhlah sepeda dengan metode kumparan, putarannya menggunakan energi yang sama rata pada setiap putaran kaki. Jadi tidak menghentakan kaki sekaligus pada saat pedal di tekan. Santai tapi pasti.

5. Atur napas, tarik napas dari hidung dan keluarkan dati mulut.

6. Ketika kita memang sudah tidak kuat lagi melewati tanjakan, istilahnya sudah nyerah, maka berhentilah dan istirahat. Jangan dipaksakan karena otot kaki kita mempunyai keterbatasan. Lama-lama juga jika terus berlatih pasti suatu saat kita akan mampu melewati tanjakan yang asalnya kita tidak mampu. Kuncinya sering berlatih dan istiqomah.

7. Jika kita mengalami cedera otot saat bersepeda, misalnya kaki keseleo atau kram, cobalah pakai suncream. Insya Allah rasa pegel dan sakit di kaki cepat hilang.

8. Teruslah rutin untuk bersepeda, terutama banyak latihan di medan-medan tanjakan. Semakin kita mudah melewati tanjakan, maka medan-medan datar yang kita lewati akan semakin mudah.

9. Jaga pola hidup sehat, agar stamina kita dalam bersepeda tetap prima. Rutinlah minum madu dan habbatussauda. Boleh dicoba metode Pagi MADUmalam HABBATUSSAUDA.

10. Pakailah Jaket Sepeda respiro

Share this post