Cara Merawat Jaket Kulit Domba Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Jaket Kulit Domba Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Jaket Kulit Domba Agar Awet Dan Tahan Lama

Respiro


Cara merawat jaket kulit Domba tidak serumit yang Anda bayangkan, namun Anda tetap perlu kehatian-hatian dalam melakukan beberapa perawatan pada jaket kesayangan Anda. Harga jaket kulit Domba yang relatif mahal juga menjadi alasan kenapa Anda harus rajin melakukan perawatan. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan jaket kesayangan Anda dari kemungkinan yang bisa membuat tampilan jaket Anda menjadi kusut dan menjadi kurang menarik. Untuk mencegah hal tersebut, tentunya diperlukan cara merawat jaket kulit Domba yang benar. Dengan tujuan agar jaket Anda tetap awet dan tahan lama pastinya. Berikut ini caranya :

  1. Lakukan pencucian tanpa deterjen

Kandungan bahan kimia pada deterjen berpotensi merusak jaket kesayangan Anda. Penggunaan deterjen untuk merendam jaket dapat menimbulkan gesekan pada bagian permukaan kulit jaket. Selain itu, jaket kulit Anda juga dapat mengelupas dan kusam apabila direndam menggunakan deterjen. Lalu bahan apa yang baik digunakan untuk mencuci jaket kulit Domba? Jawabannya adalah shampo. Wujud shampo yang berbentuk liquid dan kandungan senyawa yang tidak berpotensi merusak tekstur kulit Domba bisa menjadi alternatif mencuci jaket kulit Domba tanpa menggunakan deterjen.

  1. Tidak menyikat jaket

Seperti deterjen, penggunaan sikat atau brush pada pencucian jaket juga dapat menyebabkan permukaan jaket Anda mengelupas. Lalu bagaimana cara mencuci yang benar tanpa menggunakan sikat? Tuangkan air dan shampoo ke dalam baskom atau ember. Rendam jaket kulit Domba selama 20 menit. Selanjutnya kucek pada bagian yang kotor dengan hati-hati, bilas dengan air mengalir hingga bersih, dan langkah terakhir adalah jemur jaket kulit Domba kesayangan Anda di dalam ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung karena kulit bisa mengeriput. Balik posisi bagian dalam jaket saat proses penjemuran berlangsung.

Jpeg

  1. Hindari cara penyimpanan jaket ditempat yang tidak sesuai

Tempat yang lembab bisa memicu tumbuhnya jamur pada jaket Anda. Selain itu, jangan simpan jaket Anda dalam keadaan terlipat. Melipat jaket kulit Domba bisa membuat jaket Anda menjadi kusut, terbentuknya lipatan juga bisa menimbulkan perubahan warna pada jaket. Anda tentu tidak mau jaket Anda jadi berbeda-beda warna kan? Cara merawat jaket kulit Domba ini patut anda aplikasikan.

  1. Cara merawat jaket kulit Domba dengan lap basah

Meskipun jaket kulit Domba bisa dicuci, sebaiknya hal ini dilakukan terlalu sering. Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah dengan merawatnya menggunakan lap basah yang berbahan dasar lembut.

  1. Manfaatkan bahan yang ada di sekitar kita untuk membersihkan jaket

Cara merawat jaket kulit Domba juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Anda bisa menggunakan kapas dan minyak goreng untuk menghilangkan noda yang menempel pada bagian jaket. Anda tinggal menggosokkan kapas dengan hati-hati pada bagian jaket yang kotor. Sedangkan untuk perawatan menggunakan minyak goreng caranya dengan mengoleskan minyak goreng pada bagian yang terkena noda. Setelah itu usap-usap menggunakan spon yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Lakukan secara berulang-ulang hingga noda hilang. Selain itu, anda juga bisa mengaplikasikan lotion ke jaket kesayangan Anda. Lotion dapat menghilangkan kesan kusam pada jaket kulit favorit anda. Caranya dengan mengusapkan lotion secara merata ke seluruh bagian jaket. Perawatan dengan lotion ini bisa Anda lakukan sekali dalam satu bulan.

Merawat jaket kulit memang mudah, namun Anda juga memerlukan ketelitian yang ekstra agar hasil yang didapat maksimal. Selamat mencoba cara merawat jaket kulit Domba seperti di atas.

Respiro

Share this post